Pantai Tanah Lot

Pantai Tanah Lot

Bali selalu menghipnotis siapa saja untuk berkunjung. Bentang alam dengan keindahan yang terjaga, hingga kekayaan warisan budaya yang tak pernah habis untuk dieksplorasi. Pantai Tanah Lot menyajikan keduanya. Sejarah, mitos, dan panorama indah melengkapi perjalananmu menjelajah Pulau Dewata.

Berjarak kurang lebih 45 kilometer dari pusat Kota Denpasar, letak objek Tanah Lot berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Kamu bisa mengunjunginya menggunakan paket wisata bali kendaraan pribadi atau memanfaatkan jasa sewa mobil Bali.

Eksotisme Pantai Tanah Lot sangat terkenal. Selain karena pemandangan lautnya yang memesona, Pantai Tanah Lot juga terkenal adanya pura suci bagi umat Hindu. Berada di atas batuan karang berukuran besar, serta berlatar belakang laut lepas membuat tempat sembahyang ini memiliki keunikan tersendiri.

Daya Tarik Pantai Tanah Lot Bali

Menjadi lokasi sakral sembahyang, nyatanya Pantai Tanah Lot tetap terbuka untuk kamu kunjungi. Lalu, wisata apa saja yang bisa kamu nikmati selama di kawasan Pantai Tanah Lot?

Bertandang ke Pulau Karang

Sejatinya Pulau Karang ini merupakan bagian dari tempat peribadatan umat Hindu. Terdapat dua pura yang bisa kamu nikmati kala air laut tidak sedang pasang.

Dua pura tersebut merupakan Pura Luhur Tanah Lot sebagai tempat pemujaan, memohon akan selamat serta terciptanya kehidupan seimbang antara langit bumi dan kesejahteraan, serta Pura Batu Bolong sebagai lokasi Upacara Melasti atau peringatan hari raya lainnya.

Sore hari saat air laut menyusut merupakan waktu terbaik paket liburan bali untuk berkunjung jika kamu ingin melihat lebih dekat letak pura di atas karang. Namun, perlu kamu ketahui bahwa hanya umat Hindu yang boleh memasuki bagian dalam Pura.

Bagi pengunjung non-Hindu, kamu boleh menikmati pemandangan di sekitar beranda pura saja. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang sopan saat berkunjung, ya!

Mengunjungi Gua Ular Suci

Diyakini merupakan rumah bagi para ular penjaga Pura Tanah Lot, gua yang berlokasi tidak jauh dari Pulau Karang ini turut menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Ular suci bagian dari sejarah Tanah Lot ini merupakan jenis ular laut dengan motif lurik hitam putih dan ekor berwarna putih, serta memiliki bisa atau racun.

Meski termasuk kategori ular berbahaya, kamu tetap bisa memegangnya, loh! Tentunya dalam pengawasan pawang ular yang bisa kamu temui di sekitar kawasan Gua Ular Suci. Kamu hanya perlu paket tour bali membayar seikhlasnya untuk bisa memegang, bahkan berfoto dengan sang ular.

Mendatangi Gua Air Suci

Selain rumah ular penjaga pura, kamu juga bisa mendatangi Gua Air Suci yang berlokasi tepat berhadapan dengan Gua Ular Suci. Gua ini merupakan sumber mata air tawar di tepi pantai bernama Tirta Pabersihan.

Mengalirkan air tawar yang sangat segar bebas rasa asin, membuat aliran air Tirta Pabersihan dikeramatkan dan digunakan sebagai keperluan ibadah bagi umat Hindu. Penduduk sekitar meyakini bahwa aliran air suci ini memiliki khasiat mengobati berbagai penyakit.

Wisatawan diperkenankan untuk ikut meminum atau sekadar mencuci tangan dan membasuh muka menggunakan air dari Tirta Pabersihan.

Menikmati Sore dan Berburu Foto Sunset

Pesisir memang lokasi yang tepat menikmati panorama matahari tenggelam, tak terkecuali di Pantai Tanah Lot. Saat langit cerah, semburat langit keemasan menjadi background apik untuk berfoto.

Untuk menikmati keindahan Tanah Lot pada momen golden hour terbaik, kamu harus berada di lokasi sekitar pukul 17.00 WITA.

Setelahnya, jangan terburu untuk pulang, sempatkan waktu menyaksikan penampilan Kecak Dance Fire Show yang berlokasi di Taman Budaya Surya Mandala. Untuk menikmati pertunjukan ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 50.000.

Bagi kamu yang ingin mengeksplor wisata dan keindahan Tanah Lot, kamu perlu menyiapkan besaran uang tiket mulai Rp 15.000 untuk anak-anak dan Rp 20.000 bagi dewasa yang merupakan wisatawan domestik. Sedangkan bagi pelancong mancanegara, tiket dibanderol sebesar Rp 30.000 dan Rp 60.000.

Lokasi wisata Tanah Lot buka mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WITA. Jika berkunjung bersama rombongan, terdapat berbagai pilihan sewa bus Bali yang siap mengantarkan kamu hingga Pantai Tanah Lot.

Tunggu apalagi? Pastikan kamu berkunjung ke Pantai Tanah Lot saat di Bali. Kamu bisa mengandalkan paket wisata Bali untuk melengkapi perjalananmu. Tidak hanya berwisata, kamu juga akan mendapatkan berbagai pengetahuan baru seputar budaya dan warisan leluhur Pulau Dewata.